Custom Search
5/06/2013 06:34:00 AM

DAMPAK WIFI PADA KESEHATAN


Seiring dengan perkembangan zaman hampir semua orang khususnya di Indonesia tidak pernah lepas dengan yang namanya WiFi, dengan Wifi orang bisa mengakses jaringan internet dengan cepat dan mudah tanpa harus repot menyambungkan kabel internet. Tetapi apakah kita tahu di balik kemudahan wifi itu, ada beberapa pendapat orang yang menganggap Wifi berdampak negative  bagi kesehatan.
Akhir-akhir ini sering muncul kekhawatiran masyarakat akan bahaya radiasi Wifi (wireless fidelity) atau sering kita kenal dengan teknologi hotspot. Tahukah anda sebenarnya berapa batas aman gelombang elektromagnetik yang mampu diserap oleh tubuh manusia? Sejauh pengamatan penulis, untuk teknologi Wifi, belum ada aturan yang dikeluarkan seberapa besar ambang batas aman yang mampu diserap tubuh manusia. Mereka yang tidak setuju dengan kehadiran teknologi wifi ini beralasan radiasi elektro magnetic dari wifi dapat menyebabkan nyeri di kepala, gangguan tidur dan mual-mual, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap barang-barang elektronik atau sering di sebut juga dengan elktrosensitive. Meskipun berada di bawah ambang batas, pancaran radiasinya yang diterima tubuh secara terus-menerus dan dalam kurun waktu yang cukup lama dikhawatirkan mampu menimbulkan pengaruh terhadap kesehatan, seperti pusing-pusing, kelumpuhan, dan memicu aktifnya sel-sel kanker dalam tubuh.
Di kampus saya sendiri (Amikom) hampir semua gedung ada sinyal WiFi,  setiap gedung mempunyai 5 lantai termasuk basement. Bisa di bayangkan seberapa besar radiasi yang di terima oleh mahasiswa amikom setiap harinya. Mungkin dampaknya tidak akan berpengaruh untuk jangka pendek, tetapi apakah pihak amikom akan bertanggung jawab untuk jangka panjang? Di Yogyakarta hampir semua tempat, seperti sekolah, tempat kerja, tempat nongkrong memiliki layanan hotspot gratis atau sering di sebut “free hostspot”. Sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang merasa nyaman dengan tempat yang mempunyai fasilitas “free hotspot” karena bisa mengakses jaringan internet secara Cuma-Cuma atau secara gratis, tetapi apakah kita tahu berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk bahaya radiasi yang kita terima dengan WiFi? Mungkin ini akan lebih mahal dari pada membayar internet per bulannya. Di Indonesia sendiri memang belum ada penelitian resmi tentang bahaya radiasi WiFi, tetapi sudah seharusnya kita menyadari akan bahaya yang di timbulkan oleh radiasi WiFi.
Kenyataan ini tentu saja secara tidak langsung menyimpulkan bahwa pancaran radiasi yang ditimbulkan perangkat teknologi ini aman bagi tubuh manusia. Namun, tentu saja kita tidak boleh mengabaikan intensitas dan jarak pengguna dengan titik akses (access point). Semakin sering kita bersentuhan dengan radiasi sinyal WiFi disertai dengan radiasi telefon seluler dan beberapa perangkat elektronika lainnya dengan intensitas yang cukup tinggi, radiasi elektromagnetic akan berimbas pada terganggunya keseimbangan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar

IPv6 Certification Badge for yogaawuy
.